Penelitian Dosen FE UISU, Ramadona Simbolon dan Sri Elviani jadi referensi Gubernur dan Wagub Sumut untuk meningkatkan PAD sebagai sumber sumber pembiayaan pembangunan Sumut.

Berdasarkan hasil penelitian dua orang dosen Fakultas Ekonomi UISU Medan, Ramadona Simbolon dan Sri Elviani berjudul “Analisis potensi pendapatan asli daerah sebagai sumber pembiayaan pembangunan daerah Sumut” yang telah dimuat dalam jurnal Dinamika Volume XV No.1 edisi Januari-April 2017, menunjukkan bahwa pengaruh pajak daerah terhadap kemandirian fiskal Sumatera Utara adalah positif dan signifikan.

Sementara kontribusi retribusi daerah terhadap PAD dan penerimaan daerah pada APBD masih sangat kecil. Sedangkan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang merupakan sumber PAD potensial juga masih belum maksimal.

Oleh karenanya, untuk meningkatkan kemampuan keuangannya, maka Provinsi Sumut perlu meningkatkan penerimaan khususnya dari PAD yang terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.

Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi yang dapat dilakukan Pemprov Sumut untuk meningkatkan potensi pendapatan. Pertama dengan menaikkan tarif pajak untuk Pajak Kenderaan Bermotor, khususnya Sedan, Jeep, Station Wagon, Truck, Pick Up (Tidak Umum), Sepeda Motor, Scooter.

Kedua, meningkatkan penjualan kenderaan di atas air, melalui pemberdayaan pariwisata yang menggunakan kenderaan di atas air, sehingga dapat meningkatkan penjualan kenderaan di atas air, serta meningkatkan penerimaan pajak kenderaan di atas air. Selain itu strategi peningkatan pajak juga dapat dilakukan dengan peningkatan investasi, melalui penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA).

Dekan FE-UISU Ibu Dr. Safrida, SE. MSi. memberikan apresiasi kepada Ramadona Simbolon dan Sri Elviani, penelitian mereka bisa memberikan Manfaat untuk pemerintah khususnya Pemprovsu, dan ini menjadi motivasi bagi dosen-dosen di UISU untuk selalu berinovasi.

 

sumber : https://suaramahardika.co.id